Thursday 24 November 2016

Flashdisk (Memori Kilat) adalah ?





           
Halo Gan,  Kali ini kita akan membahas tentang Flashdisk  atau yang lebih populer dalam bahasa Inggris USB flash drive atau juga sekarang banyak ini gan, bahasa gaulnya seperti disebut USB Drive, Pen Drive, Pocket Drive, dan microdisk. Kita  mungkin memang sering mendengar, bahkan menggunakan flashdisk. Sekarang hal itu sudah bukan hal tabu di mata semua masyarakat seluruh dunia. Pengertian flashdisk yang seperti kita ketahui adalah sebuah media penyimpanan eskternal atau salah satu perangkat keras esternal untuk menyimpan data dengan bentuk yang berbeda. 

          Pengertian Flashdisk sendiri menurut wikipedia adalah alat penyimpanan data memori kilat tipe NAND (NAND adalah salah satu arsitektur dari dua teknologi flash yang digunakan dalam kartu memori seperti kartu CompactFlash seperti dalam dalam USB Flash drive, MP3 player, dan menyediakan penyimpanan gambar untuk kamera digital) yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi.(kutipan ini saya ambil dari Wikipedia.com).

     Kalian pasti pernah penasaran, bagaimana sebuah data  virtual bisa tersimpan pada perangkat keras seperti memori microsd, atau flashdisk yang terhubung lansung ke listrik? begitu dipasang data tesebut  tetap ada?.  Karena perangkat keras tersebut yang termasuk Flashdisk merupakan penyimpan data yang bersifat non–volatile. Disini tertanam memori dan controller alias  membuat data tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. 

          Fungsi flashdisk sepertinya agan sudah tahu dan sudah saya sebutkan juga di paragraf di atas yaitu:berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data Agan mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tetapi tahukah kalian, kalau sebenarnya flashdisk memiliki fungsi-fungsi lain seperti menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel. Kegunaan lainnya juga bisa sepertipemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari flashdisk. Jika agan-agan sekalian tertarik dengan saya katakan ini, agan bisa mengunjungi di situs ini PortableApps.com. Saran saya sendiri, kegunaan lain dari flashdisk jangan terlalu sering digunakan karena selain kinerja yang tidak optimal juga dapat membuat flashdisk agan rusak. ^^

Kualitas Terbaik Pada Kemampuan Flashdisk

          Kemampuan terbaik flashdisk bukan hanya terdapat pada besar memori yang dapat mencakup penyimpanan data yang besar Tetapi, terdapat pada kecepatan dalam menulis (Write speed) dan kecepatan dalam membaca(Read Speed) suatu data. saya maksud disini adalah kecepatan dalam menulis adalah kecepatan mentransfer(copy) data ke flashdisk dan kecepatan membaca adalah mengakses atau menampilkan data yang terdapat pada Flashdisk. Dikarenakan jika kita hanya tergantung pada luas memori yang dapat disimpankan pada suatu flashdisk maka itu adalah suatu hal yang salah. Bagaimana jika agan memiliki sebuah flashdisk berukuran 256GB dan agan memindahkan sebuah data dengan besar 200GB, disini agan membutuhkan waktu yang cepat dengan kurun waktu 15 menit. Kecepatan Flashdisk agan hanya 1,5 maka yang terjadi berikutnya adalah data yang agan pindahkan akan memakan waktu setengah jam. Sudah membuang waktu agan sia-sia bukan? Jadi, saya menyarankan untuk memilih flashdisk dengan kecepatan tertinggi. Pada sampai sekarang ini, Merk flashdisk yang memiliki rekor dalam memindahkan data adalah SanDisk. Sundisk memecahkan rekor dalam memiliki kecepatan data yang tertinggi.


                Kemudian bagaimana pemilihan model dan kualitas luar perangkat Flashdisk? menurut saya pribadi hal ini tidak terlalu penting, dikarenakan flashdisk memiliki ukuran yang kecil yang bisa di simpan dimana saja. Kualitas kasing flashdisk tidak terlalu mempengaruhi bagi saya. Tetapi, jika agan-agan berminat, agan bis mengunjungi konten di situs ini tekno.10terbaik.com








Cara Mempercepat Flashdisk

             Pada pembahas di atas, kita sudah mengetahui kalau dalam memilih sebuah flashdisk, pilihla pada flashdisk yang memiliki kecepatan yang tinggi. Lalu bagaimana dengan kita yang sudah  terlanjur memiliki kinerja tidak terlanjur tinggi? sayang bukan kalau kita mengganti dengan yang baru padahal flashdisk kita baik-baik saja hanya sedikit lambat. Tenang, saya punya beberapa jalan keluar yang bisa membantu. Berikut cara-caranya:

 - Mengganti format flashdisk
         Melalui cara ini kalian semua dapat sedikit mempercepat proses transfer data pada flashdisk sobat. Seperti yang kita ketahui kalau format system flashdisk default itu adalah FAT 32 (File Allocation Type). System FAT 32 jika dibandingkan dengan NTFS (New Technology File System) jauh lebih baik NTFS, format system tipe NTFS lebih aman dan stabil serta lebih baik dalam meminimalkan fragmentasi dan unggul dibidang kecepatan. 

          Namun, kekurangan format NTFS hanya dapat di akses oleh Windows NT hingga sampai dengan Windows 7. Pada sistem windows 8 ke atas sering memiliki keeroran dalam menggunakan format ini.

          Cara mengganti format flashdisk, adalah sebagai berikut:

Klik Kanan pada drive flashdisk
Pilih dan klik format



Ketika toolbar format muncul, pada menu file sistem, ganti format FAT 32 menjadi NTFS. Kemudian pilih Start.




       Flashdisk agan sudah terformat dan memiliki format terbaru. (peringatan! sebelum memformat, simpan atau pindahkan terlebih dahulu data-data agan di komputer atau HDD. Karena, penformatan akan menghilangkan data pada flashdisk).


- Mengganti performa pada opsi flashdisk

     Pada kinerja flashdisk terdapat dua opsi performa yaitu Optimize For Performance(Performanya dioptimalkan) dan Optimize For Quikc Removal (Performanya tidak dioptimalkan agar lebih mudah dalam proses removal). Kalo agan ingin lebih cepat, solusi terbaik rubah menjadi Optimize For Performance. berikut caranya:

Klik kanan pada drive flashdisk, lalu pilih dan klik properties.
Pilih Opsi tab Hardware.
Di kolom All disk Drives, double klik nama flashdisk agan.


Di Tab General pilih change settings


Pilih Opsi tab Policies


Pilih Optimize for performance/Better performance, lalu klik Ok.



            Namun, pada penggunaan cara ini agan harus sedikit terhati-hati dengan wajib melakukan eject sebelum melepaskan flashdisk dari colokan USB. Saran saya  pada setiap pelepasan  flashdisk pada colokan USB selalu lakukan pelepasan yang resmi, melalui eject atau Safe removal bukan asal melakukan pencabutan perangkat. Karena, hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dulu dan hubungan listrik singkat (yang dapat merusak komponen flashdisk) dapat dicegah.


Kelebihan & Kekurangan Flashdisk

     Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan pada flashdisk yang diantara lainya adalah sebagai berikut:

Kelebihan

   
Alat ini lebih kecil, Ringan dan cepat, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan  daripada media penyimpanan lainya. Cara penggunaan Flashdisk juga sangat mudah karena menggunakan USB sebagai antarmukanya. Hanya cukup mencolokan ke port USB pada PC dan akan langsung dikenali sebagai removable drive tanpa perlu proses rebooting atau menghidupkan ulang (bersifat “plug and play”) karena hampir semua sistem operasi terbaru dapat menginisialisasi driver. Keunggulan  berikutnya adalah tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk memakainya. Jadi tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli alat tambahan seperti floppy disk drive atau CD-ROM/RW.

Kekurangan
     
       Flashdisk juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup merugikan. Kekurangan Flashdisk yang pertama terdapat pada umur penyimpanan yang dimiliki oleh si flashdisk. Flashdisk memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada USB Flash Drive ini rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori kilat yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan cakram keras pada HDD yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas (dan bermerek terkenal) selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar. 

     
Kekurangan lainnya adalah mudahnya terkena serangan virus.  Hal ini dikarenakan kemampuan virus untuk menyalin dirinya sendiri ke USB Flash Drive dan kemudian dijalankan otomatis ketika dicolokkan pada porta USB (di mana fungsi Autoplay pada sistem operasi Windows tidak dimatikan. Khususnya pada sistem operasi Windows XP keatas atau terbaru yang memiliki fitur Autoplay). Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses penggerak tersebut menggunakan fitur Autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur Autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus. Jika agan tertarik untuk mengetahui cara merawat flashdisik dengan lebih baik, agan bisa berkunjung ke konten di web teman saya ini www.pusatgratis.com


       Ya, sudah selesai pembahasan kali ini gan untuk seputar mengenal  Flashdisk di konten artikel yang berjudul Flashdisk(Memori Kilat) adalah?. semoga artikel ini bermaanfaat bagi agan sekalian. Terima Kasih ^^


        



                 

               

2 comments:

  1. Ada resikonya ngga kalau mempercepat flashdisk?

    Kalo BW yang relevant yah guys :D makasih xixixixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Gan Rendyandriyanto. Pertanyaan yang bagus, sehingga membuat saya bisa lebih memberikan informasi informasi yang tertinggal. Oke gan saya coba menjawab disini, Ada resikonya apa tidak dalam mempercepat flashdisk? Baik, begini seperti yang saya ungkapkan pada konten di atas kalau Flashdisk memiliki umur yang pendek, paling maximum bisa bertahan 7 hingga 8 tahun. nah, resikonya dalam mempercepat kinerja flashdisk itu salah satunya adalah dapat memperpendek umur si flashdisk itu sendiri gan alias cepat rusak. Karena “memboroskan” masa kerja read-write dari flashdisk tersebut. ^^ semoga membantu ya agan rendy :D

      Delete