Saturday 19 November 2016

7 Kerusakan Umum Pada Komputer & Cara Memperbaikinya (Info & Fix)

     Halo agan-agan sekalian. apa kabar semuanya? semoga sehat-sehat saja dan tetap semangat seperti saya. ^^. 

     Pertemuan kali ini saya ingin mengajarkan pada agan untuk mengetahui kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada komputer hal ini saya khususkan kepada agan-agan sekalian yang tidak menguasai cara memperbaiki komputer. Karena biasanya,  kebayakan orang terlebih lagi  masyarakat di kota saya (medan) yang tidak tahu kerusakan pada komputer/laptopnya sehingga lansung saja memberikannnya kepada teknisi. Bukan saya ingin mengcap kotor  teknisi komputer seluruh indonesia,^^ tetapi hal ini saya khususkan kepada teknisi-teknisi yang suka bermain kotor dan menipu customer yang ada. kebayakan teknisi seperti ini pasti akan menambah-nambah kerusakan pada komputer/laptop agan, agar dapat mengeluarkan uang lebih banyak untuk mereka. Jadi, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara mengetahui kerusakan umum pada pc/laptop di 7 Kerusakan Umum Pada Komputer & Cara memperbaikinya (info & Fix0. 



1.Tampilan layar komputer rusak/Hang dan restart otomatis

     Pada biasanya hal ini terjadi dikarenakan suhu pada perangkat pc/laptop agan itu panas. Jika agan menggunakan Vga Card yang bukan onboard(eksternal), hal ini cenderung terjadi pada Vga tersebut. tetapi jika agan, menggunakan Vga yang menyatu dengan motherboard(Onboard) maka ini terjadi pada suhu yang panas di motherboard.

     


    Cara mengatasi, agan dapat menambahkan  kipas pendingin yang terpasang pada kasing komputer. Jika agan seorang gamer usahakan terdapat 4 kipas pendingin. jika bukan, dua  kipas pendingin sudah cukup. lalu usahakan penempatan Pc agan berada di ruang yang terbuka,dingin dan sejuk. Jika agan menempatkan di ruangan sempit, tertutup dan sedikit panas, usahakan maksimal pemakaian sampai 4 jam saja.

    Jika agan menggunakan laptop usahakan menggunakan laptop agan hanya dua jam saja. pemakaian laptop selama 2 jam agan membuat laptop agan awet. Hal kedua, usahakan alas tempat agan menaruh laptop tidak bersifat panas seperti di atas kaca atau d atas tempat tidur. Alangkah lebih baik jika agan  memakai kipas pendingin eksternal laptop (kiri bawah) atau filter laptop( kanan bawah). 

      










                     
                          




                     














2.Pc/Laptop menyala tetapi layar destop sama sekali tidak (blank total)

    Jika ini terjadi pada Pc agan, bisa terjadi beberapa hal  menjad masalah utama. Yaitu permasalahan pada kabel power pada monitor, kabel Vga(gambar di sebelah kanan) atau Motherboard(Gambar di bawah) . Tetapi, kalau agan menggunakan laptop, hal ini sudah bisa di pastikan sudah terjadi pada motherboard agan.

          Cara mengatasi, Agan bisa mengecek terlebih dahulu apakah kabel Power monitor dan kabel Vga agan tercolok dengan benar pada posisinya masing-masing. Jika sudah benar,  Alangkah lebih baiknya jika memastikan kabel vga agan sekali lagi dengan memakai kabel vga baru dan mencolokannya kepada monitor yan berbeda.  jika tidak juga menyala, maka dapat dipastikan kerusakan terjadi pada motherboard agan dan segerala mengganti dengan motherboard baru dan kalau agan tidak mengetahui cara memasangnya, agan bisa membawa kepada teknisi terdekat.(Ingat!, Agan sudah mengetahui kerusakannya pada perangkat apa, jadi jangan sampai tertipu ya ^^).




3.Settingan Tanggal dan Waktu pada desktop atau bios berubah-ubah otomatis 

  
     Hal yang saya maksud di sini adalah ketika permasalah tanggal dan waktu terjadi berubah-ubah terus menerus walaupun agan sekalipun tidak pernah menyetel tanggal dan waktu di desktop agan(bawaan pabrik). Maka hal ini sudah dipastikan terjadi, pada baterei CMOS di motherboard yang sudah mulai habis energi



       Cara mengatasinya, Agan harus membeli baterei baru. Jika agan menggunakan PC, maka coba buka kasing PC agan(dalam keadaan mati ya ^^) dan coba lihat di motherboard sebuah baterei Jam. Copot baterei tersebut dan pasangkan yang terbaru. tetapi jika agan menggunakan laptop, lebih baik diserahkan kepada ahlinya.(dikarenakan pembongkaran kasing laptop lebih rumit daripada PC).




 4. Lupa password windows atau bios

       Permasalahan ini juga sering terjadi oleh sebagian orang memasang password pada windows miliknya atau bios.

      Cara mengatasinya, disini saya akan coba menjelaskan cara paling umum dan mudah saja gan. Jika membahas lebih detail, maka hal ini akan lumayan panjang. maka cara yang paling mudah yaitu mencoba melepaskan baterei CMOS di motherboard agan (jika ingin lebih  tahu baca no 3) dan coba pasangkan kembali. Biasanya settingan password pada windows dan bios agan akan tereset dan terhapus secara otomatis. Jika masih terjadi pada windows agan, silakan gunakan alternatif kedua cara meresetnya(Coba cari di google) dan kalau masih terjadi pada bios agan coba menebak password resetan milik pabrik ini. AMI_SW, AMI, A.M.I, ALLY, 589589 dll.




5. PC/Laptop sama sekali tidak  bekerja atau menyala

    Kejadian seperti ini, biasanya  terjadi dikarenakan banyak faktor.  Bisa terjadi pada kabel power pada pc ke stock kontak atau stabilizier yang tidak menyala(bisa rusak atau bisa lupa hidupkan tombol power ..hehehe),tombol power kasing  yang rusak,  dan hal yang paling ekstrim kerusakan pada power supply agan. Jika di laptop, coba agan periksa terlebih dahulu kabel power ke stock kontak dan adaptor charger agan yang masih bisa charge atau tidak. jika  bisa, kerusakan terjadi pada baterei laptop atau power supply laptop.

        Cara mengatasi, pertama coba pastikan kabel power pc agan terpasang dengan benar dan tersambung dengan aliran listrik. jika masih tidak bisa, gunakanlah kabel baru. Jika agan menggunakan stabilizier coba pastikan masih sehat apa tidak, jika tidak digantikan dengan yang baru. Jika terjadi, pada tombolg power casing agan yang rusak, nah disini sedikit ribet ini gan. untuk mengeceknya agan pastikan saja untuk membawanya kepada teknisi terdekat(untuk bagian tombol casing ini, saya sengaja tidak menjabarkan dikarena sedikit rumit untuk mengeceknya bagi orang awam dan terlalu muda untuk orang yang berpengalaman.^^sory ya). Jika agan ingin memeriksa pada power supply, coba pertama kali lihat pada belakang kasing komputer agan, apakah kipas power powersupply menyala apa tidak? jika menyala bukalah kasing komputer agan dan lihat pada lampu motherboard agan, jika tidak menyala berarti sudah dipastikan kerusakan pada kabel power supply yang terhubung, dan jika kipas powersuplly tidak menyala, dipastikan rusak total. Jadi, coba diganti baru saja gan.

      Masalah pada laptop, kita lihat pada charger agan. apakah masih mengcharge laptop agan, walaupun dalam keadaan mati? jika masih berarti sehat-sehat saja chargernya gan ^^. Hal kedua, coba periksakan pada baterei. cara mengetes baterei coba agan pastikan dengan menyalakan laptop tanpa baterei(dilepas batereinya gan). jika menyala berarti kerusakan pada baterei agan. Hal terakhir pada power supply di laptop agan, usahakan memeriksanya kepada teknisi agan.

                
6.Restart secara terus menerus pada layar "starting Windows" atau mengalami proses "safe Mode" terus menerus.


     Saya hanya bisa mengatakan jika terjadi hal ini maka ada dua kemungkinan terjadi. Yaitu kerusakan pada sistem operasi agan atau pada hardisk(Gambar bawah) agan. Jika pada sistem operasi biasanya terjadi dikarenakan terkena virus atau sering mengalami gagal shutdown (sering mati tanpa di shutdown). Jika pada harddisk, bisa disebabkan karena harddisk agan yang sudah lemah(mulai rusak) atau pernah terbanting.

          Cara mengatasi, pertama agan bisa lakukan dengan menginstal ulang PC/Laptop agan. Keedua, jika masih terjadi hal tersebut pada Pc agan bisa dikatakan permasalahan pada Harddisk agan.  Agan bisa mencari software scan hardisk dan cara memakainya jika ingin mencoba sendiri. Jika tidak lebih baik agan coba dengan harddisk baru. Saya tidak menyarankan membawa kepada teknisi, dikarenakan mereka sudah pasti mengatakan hal yang sama. buang-buang waktu bukan?

         
7. Error Perangkat Baru tidak terdeteksi

   Apabila agan menambah perangkat baru, biasanya komputer akan mengrescan hardware tersebut. Tetapi jika terjadi error dan beberapa penyebabnya. Pertama, sistem operasi agan terlalu jadul dan tidak mengsupport driver perangkat tersebut, kedua ada gangguan pada saat pemasangan perangkat(colokan perangkat lepas atau longgar), ketiga bisa terjadi karena driver hardware tersebut belum terinstall dan terakhir adalah Bios PC/laptop agan sudah terlalu lama, sehingga tidak bisa mengenali perangkat hardware seri terbaru.

    Cara mengatasi, Gunakan sistem operasi yang terbaru atau  mendekati terbaru. Pastikan pemasanga hardware sudah benar dan jika ada driver bawaan yang perlu di install, lakukan penginstalan dan yang terakhir lakukan pengupdatean pada perangkat bios agan di website bios ya sesuai dengan merk bios masing-masing.


   Baik gan, untuk 7 Kerusakan Umum Pada Komputer & Cara memperbaikinya (Info Fix) nya sampai disini dulu gan. Jika ingin ada yang bertanya, silakan ajukan di kolom pertanyaan di bawah ini ya gan. Saya ingin berbaiki info yang saya dapat dan jika agan masih tertarik dengan info-info ini agan bisa mengunjungi konten dari blog teman saya di scaratriktips.blogspot.co.id

Semoga bermanfaat, good luck and keep share ya ^^

6 comments:

  1. Saya suka panik kalo ada masalah dengan komputer. Sampai saat ini saya masih mengandalkan suami hehehe. Artikel seperti ini sangat bermanfaat bagi orang awam kayak saya.


    Bta, saya sudah baca komentarnya di blog saya, Mas. Nanti saya e-mail yah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak mugniar, semoga artikel-artikel saya selalu bermanfaat kepada mbak. ^^ Saya tunggu jawaban di email saya mbak.

      Delete
    2. point ke 3 ini yang jadi kendala saya saat ini, entah kenapa jadi ngebug2 begitu jam dan tanggalnya. setiap kali dinyalain, tanggalnya januari 2008. udah dibenerin, dinyalain januari 2008 lagi... haduh.

      Delete
    3. coba di install ulang dlu gan...jika masih terjadi kendala, saya sarankan agan ikuti langkah-langkah yang di atas yang saya sarankan mas ^^.

      Delete
  2. Salam kenal mas, beberapa bulan ini saya baru belajar memperbaiki sendiri laptop saya kalau ada kerusakan. Lama-lama nggak enak kalau minta bantuan teman. Mulai-lah belajar mbongkar laptop sendiri. Artikelnya lumayan bisa nambah wawasan saya tentang perbaikan komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat berterima kasih mas martin jika artikel saya sangat bermanfaat untuk masnya. Semoga pembelajaran ilmu perbaiki laptop nya semakin maju mas. Jika ada hal yang kita butuhkan, saling sharing aj mas. semoga makin bermanfaat.

      Delete